smp6
Friday, June 13, 2014
2015, Kemdikbud Uji Coba UN SMP Secara Daring
Jakarta, Kemdikbud --- Ujian Nasional (UN) SMP mulai tahun depan akan dilakukan uji coba secara daring/online di beberapa provinsi. Pada UN SMP tahun ini, uji coba UN secara daring telah dilakukan di dua Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), yaitu di Malaysia dan Singapura.
“Jadi anak-anak di depan komputer mengerjakan soal, kemudian hasilnya kita langsung ambil dari sini (Jakarta). Saat itu juga kita langsun
g tahu nilainya,” jelas Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemdikbud, Nizam, usai jumpa pers tentang hasil UN SMP di Gedung Ki Hjaar Dewantara Kemdikbud, Jakarta, (13/06/2014).
Nizam mengatakan, nilai para peserta UN daring di sekolah Indonesia di Malaysia dan Singapura tersebut bagus-bagus, dan telah dipakai untuk kelulusan. “Sudah jalan. Terbukti bahwa itu bisa meskipun servernya ada di Jakarta dan ujiannya di sana, tanpa ada kendala apa-apa, dan 100 persen lulus, nilainya bagus juga,” ujarnya.
Puspendik Kemdikbud pun telah menawarkan pelaksanaan UN SMP secara daring pada tahun depan kepada pemerintah provinsi. Ada beberapa provinsi yang telah menyetujuinya, antara lain DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan Nanggore Aceh Darussalam.
Nizam mengakui, dengan sistem daring dalam pelaksanaan UN SMP tersebut, Puspendik Kemdikbud akan bekerja lebih keras. Namun UN secara daring ini dinilai lebih efisien karena dapat menghemat anggaran dan hasilnya pun langsung bisa diketahui dengan cepat.
Untuk kesiapan teknologi informasi, Nizam menjelaskan, Indonesia telah memiliki Desa Berdering di seluruh tanah air, dan sekolah-sekolahnya pun telah memiliki komputer.
“Tidak harus jumlah komputernya sama dengan jumlah siswa. Bisa bergantian. Soal bisa kita acak, kita ganti,” jelasnya. Selain itu Puspendik juga telah berkoordinasi Ditjen Pendidikan Dasar dan Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) yang siap mendukung pelaksanaan UN SMP secara daring. (Desliana Maulipaksi)
Sumber : KEMDIKBUD
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment